-->

Kecanggihan Intel Core i9

Friday, April 08, 2022


Intel Core i9. Memang masih belum rampung di pasaran melainkan saat ini masih menjalani tes uji benchmark awal untuk bisa membuktikan seberapa canggihnya produk baru ini. Dijanjikan dengan processor baru ini dari segi performa akan jauh lebih baik dan dapat mengoptimalkan apa yang belum optimal di Core i7.


Kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, processor Core i7 sendiri sudah mengalami kenaikan kecepatan mencapai 50 persen. Tentu saja 6 buah 2.8GHz core yang tidak begitu pesat berguna ketika diterapkan pada tugas-tugas yang memang dilakukan masih belum optimal, tetapi dengan sebagian besar pengembangan perangkat lunak modern yang bertujuan untuk lebih maju dan bekerja lebih cepat lagi.

Sebagai awalan, Core i9 sendiri mendapatkan peningkatan dibanding Core i7 yang mana lebih memakan konsumsi daya lebih tinggi yaitu 130w sedangkan untuk Core i7 hanya menggunakan daya 95W.

Rumornya processor ini baru akan muncul pada awal tahun 2010 yaitu sekitar bulan Januari tahun depan. Hmmmm, sudah tak sabar ya menunggu, tapi di tahun baru tentu sesuatu yang baru akan terasa sangat istimewa, bukan?

Untuk mempertahankan eksistensi di dunia prosesor, kini prosesor terbaru 2010 telah hadir. Jika sebelumnya Anda sudah mulai tergiur dengan teknologi Intel yang terbaru yaitu Core i7, kini rasanya Anda harus kembali tergiur oleh kehadiran processor baru keluaran Intel yaitu Core i9. Memang masih belum rampung di pasaran melainkan saat ini masih menjalani tes uji benchmark awal untuk bisa membuktikan seberapa canggihnya produk baru ini. Dijanjikan dengan processor baru ini dari segi performa akan jauh lebih baik dan dapat mengoptimalkan apa yang belum optimal di Core i7.

Kecanggihan Intel Core i9

Kalau dibandingkan dengan generasi sebelumnya, processor Core i7 sendiri sudah mengalami kenaikan kecepatan mencapai 50 persen. Tentu saja 6 buah 2.8GHz core yang tidak begitu pesat berguna ketika diterapkan pada tugas-tugas yang memang dilakukan masih belum optimal, tetapi dengan sebagian besar pengembangan perangkat lunak modern yang bertujuan untuk lebih maju dan bekerja lebih cepat lagi.

Core i9 sendiri mendapatkan peningkatan dibanding Core i7 yang mana lebih memakan konsumsi daya lebih tinggi yaitu 130w sedangkan untuk Core i7 hanya menggunakan daya 95W.

Intel Core i7 keluarga prosesor saat ini garis pembuat chip berkinerja tertinggi unit pengolah pusat. Chip ini dirancang pada teknologi manufaktur 45nm dan didasarkan pada mikroarsitektur Nehalem. Sementara yang mampu mencapai hasil yang mengesankan dalam semua benchmark hari ini dan aplikasi high-end, chip ini segera mungkin memenuhi layak pesaing mereka. Juga dirancang oleh Intel, Core mendatang i9 keluarga akan didasarkan pada prosesor 'Gulftown' dan dijadwalkan akan dirilis pada kuartal pertama 2010.

Seperti halnya dengan beberapa produk yang sangat diantisipasi, tampak bahwa tolok ukur awal prosesor mendatang telah memukul Internet, terima kasih kepada rekan-rekan kami atas PCLab.pl. Mereka bisa mendapatkan tangan mereka pada sampel prosesor Intel yang akan datang dan akhirnya memberikan kita dengan rincian pengalaman mereka dengan CPU kata. Selain itu, mereka pergi ke preview rinci tentang apa chip baru ini akan memberikan dalam hal kinerja dan spesifikasi teknis.

Menurut mereka, 'Gulftown' 6-core Core i9 adalah sesuatu untuk menunggu, karena hal ini prosesor 32nm berbasis akan memberikan kinerja yang Anda akan membutuhkan untuk menjalankan aplikasi dioptimalkan di atasnya. Sayangnya, tambahan 2 core yang mengatur Gulftown terpisah dari prosesor LGA lainnya 1366-kompatibel tidak akan ada gunanya bagimu ketika mencoba untuk menjalankan aplikasi game. Namun demikian, untuk segmen server dan workstation, Core mendatang i9 CPU, clock 2.8GHz, akan memberikan nyata meningkatkan performa.

Pada sisi bawah, Core i9 kemungkinan besar akan menjadi prosesor Intel tertinggi-harga, ketika akan dirilis awal tahun depan. Selain itu, semua perbaikan dan fitur yang telah terintegrasi ke dalam arsitektur chip akan datang pada biaya. Menurut detail yang tersedia, CPU baru akan dinilai dengan konsumsi daya 130W, dengan perbandingan Core i7, yang olahraga hanya 95W.